Tips Agar Mata Tak Cepat Lelah Saat Di Depan Komputer

Pekerjaan kita di kantor kadang membuat kita terus menerus bekerja di depan komputer. Akibatnya, mata seringkali menjadi lelah dan kepala sering sakit. Terlebih ketika saat ini kita dimanjakan dengan adanya notebook yang dimensinya semakin tipis dan ringan, sehingga bekerja di depan komputer terasa semakin mudah, dimana saja dan kapan saja.

Kegiatan menatap layar komputer dalam waktu lama dapat mempengaruhi kesehatan mata kita. Efeknya terkadang kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang, dsb. Tentunya hal ini diakibatkan oleh pancaran radiasi monitor komputer/notebook kita.

Oleh karena itu, walaupun kita bekerja dengan notebook/komputer dengan menyenangkan, kita juga perlu ingat untuk selalu menjaga kesehatan mata. Berikut ini beberapa tips yang diambil dari internet untuk kalian yang sering berlama-lama di depan layar monitor, semoga bermanfaat:

1. Jagalah jarak pandang mata dengan monitor

Jarak yang ideal antara mata kita dengan layar monitor adalah sekitar 20-40 inch (setara 50-100m). Jika hal ini menyebabkan kita masih kesulitan untuk membaca, maka cobalah perbesar ukuran font kita sampai kita merasa nyaman dalam membaca.

2. Pakai layar LCD

Sepertinya poin ke dua ini hampir semua kini komputer kini monitornya dengan LCD, nah kalaupun ada yang masih pakai CRT maka singkirkan dia, ganti secepatnya dengan LCD. Lagian, harga LCD pun kini semakin terjangkau.

3. Setting Monitor

Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode. Yang artinya ini berfungsi untuk memudahkan user mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightness yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut. Misal setting seperti, “text” atau “internet” akan terasa lebih sejuk di mata saat sedang mengetik ataupun browsing membaca artikel. Lain halnya settingan “game” atau “movie” akan lebih berguna saat kita gunakan untuk bermain game dan menonton film.

4. Istirahatkan mata sejenak, secara berkala

Cobalah untuk mengistirahatkan mata kita sekitar 5 menit setiap jamnya. Bagaimana caranya? yap, dengan digunakan untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan atau mencuci muka.

5. Berkedip

Kenapa hal ini penting? karena mata kita butuh pelumas untuk otot-otot di sekitar mata. Dengan berkedip, mata akan terbasahi oleh cairan pelumas di kelopak mata.

6. Lihatlah keluar jendela

Agar mata tidak terlalu tegang menatap lama-lama komputer, sebaiknya sesekali kita melihat keluar jendela. Hal ini akan membantu mata menyesuaikan kembali jarak pandang. Sebab, terlalu lama melihat dalam jarak dekat dapat menyebabkan kemampuan penglihatan jarak jauh  berkurang. Jadi, disarankan lihatlah keluar jendela, nikmati pemandangan, nikmati pepohonan nun jauh di sana. Melihat kehijauan juga turut membantu me-refresh kesejukan mata kita.

Source:YANI-excelearn ed.3 tahun VIII

Whatsapp : 0858-9289-9305
Pin BBM : D4322FA4
Line : @gny5866c (pakai @ ya)
Senin-Jumat : 09.00-16.00
Sabtu : 09.00-14.00

Toko Baju dan Kaos Karakter Anak, Jl. Raden Sanim RT. 04 RW. 11, Patokan : komplek toko samping WASERBA, Depok, Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *